Ngobrol Aja



« | »

Antonio Meucci si Penemu Asli Telepon

IstimewaIstimewaSekali lagi terbukti bahwa kebohongan tak akan bisa disembunyikan selamanya. Dan juga bahwa kebenaran pada akhirnya akan terungkap, sesulit apa pun caranya. Sekarang, giliran Meucci – yang semula sebagai pihak yang dizalimi – yang memperoleh kemuliaan dan penghormatan atas jasanya kepada dunia dan kehidupan. Sementara Bell, tentunya harus mempertanggung-jawabkan apa yang selama ini telah diupayakannya. Dan dunia menjadi saksi atas semuanya itu….

Antonio Meucci si Penemu Asli Telepon
Meucci. (Foto: Istimewa)Meucci. (Foto: Istimewa)Antonio Meucci, adalah seorang penemu berkebangsaan Italia. Sebagai penemu, tentunya ada banyak barang-barang hasil temuannya. Namun di antara semua temuannya itu, ada satu temuan yang menjadikannya orang paling nelangsa sebelum akhirnya dimuliakan oleh hasil temuannya yang memang sangat berguna bagi kehidupan sosial manusia, dan juga perkembangan ilmu dan teknologi. Dan temuannya yang luar biasa itu ialah sebuah alat komunikasi modern yang kini biasa kita sebut sebagai telepon.

Telepon pertama Meucci. (Foto: Istimewa)Telepon pertama Meucci. (Foto: Istimewa)Selama ini, masyarakat dunia secara umum mengenal penemu telepon adalah Alexander Graham Bell, karena sejarah mencatat dan mengabarkannya demikian. Akan tetapi kini, sepertinya sejarah harus ditulis ulang. Karena telah terbukti penemu telepon yang sebenarnya adalah seorang imigran dari Firenze (Florence), Italia, yang bernama Antonio Meucci. Sebab dialah yang telah menciptakan telepon pada tahun 1849, dan mematenkan hasil karyanya pada tahun 1871.

Penemu telepon yang sejati. (Foto: Istimewa)Penemu telepon yang sejati. (Foto: Istimewa)

Antonio Santi Giuseppe Meucci lahir di San Frediano, dekat kota Firenze, pada 13 April 1808. Dia lulusan Akademi Kesenian Firenze, lalu bekerja di Teatro della Pergola sampai tahun 1835, dan kemudian ditawari pekerjaan di Teatro Tacon in Havana, Kuba, dan berimigrasi ke sana bersama istrinya. Pada waktu senggangnya Antonio Meucci suka melakukan penyelidikan terhadap sesuatu dan menciptakan barang-barang baru tanpa putus asa. Meucci telah mengembangkan cara menggunakan setrum listrik untuk menyembuhkan penyakit dan menjadi populer karenanya.

Skema telepon Meucci. (Foto: Istimewa)Skema telepon Meucci. (Foto: Istimewa)Pada tahun 1850, dia pindah ke Staten Island, New York. Pada saat itu Meucci jatuh miskin, namun begitu masih terus menyempurnakan alat yang telah diciptakannya yaitu telepon. Dikarenakan ia sakit keras dan perekonomian yang sulit, istrinya terpaksa menjual beberapa alat-alat ciptaannya hanya seharga enam dolar untuk biaya pengobatan. Setelah sembuh, Meucci bekerja keras siang dan malam untuk kembali membuat alat-alat ciptaannya. Pada tahun 1871, disebabkan tak cukup uang untuk membayar paten telepon, ia hanya membayar paten sementara yang berlaku untuk setahun dan harus diperpanjang pada tahun selanjutnya.

Foto: IstimewaFoto: IstimewaMeucci mencoba untuk mendemonstrasikan potensi “telegraf berbicara” ini serta membawa model dan segala keterangannya pada Wakil Ketua Perusahaan Telegraf Western Union, Edward B.Grant. Namun kemudian, setiap kali Meucci hendak menemuinya, wakil ketua ini selalu mengatakan bahwa dia tak ada waktu. Dua tahun kemudian, saat Meucci meminta kembali semua materi telepon dari perusahaan tersebut, ternyata mereka hanya mengatakan telah “hilang”.

Buku yang mengungkap keculasan Graham Bell. (Foto: Istimewa)Buku yang mengungkap keculasan Graham Bell. (Foto: Istimewa)Lalu tiba-tiba, pada tahun 1876, Alexander Graham Bell menyandang nama sebagai penemu telepon. Mengetahui hal ini, Meucci segera memanggil seorang pengacara untuk memprotes pada Kantor Paten Amerika Serikat di Washington. Namun Meucci mengalami kekalahan untuk kasus ini. Belakang, kebusukan terungkap, setelah adanya permusuhan antara Alexander Graham Bell dengan Western Union. Tersingkap rahasia bahwa Bell sebelumnya telah menyetujui membayar duapuluh persen keuntungan komersil atas “penemuannya” selama 17 tahun kepada Western Union.

Lebih dari seabad dan di seluruh penjuru dunia, Alexander Graham Bell dikenal sebagai penemu telepon. Tetapi pada tanggal 11 Juni 2002 di kongres Amerika Serikat, Antonio Meucci ditetapkan sebagai penemu telepon. Namun sayang, Antonio Meucci tak bisa turut bahagia oleh keputusan itu, karena dia sudah wafat lebih seabad silam, pada tanggal 18 Oktober 1889 dalam usia 81 tahun.

Rahasia Alexander Graham Bell Terungkap
Penemu telepon yang sesungguhnya kini terungkap. Sebuah buku baru mengklaim memiliki bukti kejahatan yang dilakukan oleh Alexander Graham Bell. Dalam buku itu, Bell dinyatakan bukan penemu telepon pertama. Dia malahan dituding telah mencuri ide telepon dari pesaingnya, Elisha Gray. Dalam buku berjudul “The Telephone Gambit: Chasing Alexander Graham Bell’s Secret” itu, sang penulis, Seth Sulman, mengatakan bahwa Bell telah mencontek ide tersebut dari sebuah dokumen hak paten yang menjadi milik Gray.

Desain telepon Bell. (Foto: Istimewa)Desain telepon Bell. (Foto: Istimewa)Shulman yakin bahwa dokumen laboratorium milik Bell telah digitalisasi dan diperbanyak pada tahun 1999, setelah sebelumnya keluarga Bell sempat menahannya pada tahun 1976. Dokumen ini menerangkan permulaan yang salah atas temuan Bell dan asistennya, Thomas Watson, yang mencoba mentransmisikan gelombang elektromagnetik melalui kabel.

Sempat terjadi jeda ujicoba selama 12 hari. Kala itu Bell pergi ke Washington untuk menanyakan hak paten atas hasil kerjanya. Setelah itu dia dikabarkan mulai mencoba sistem transmiter suara lainnya yang kemudian dinyatakan berhasil.

Elisha Gray. (Foto: Istimewa)Elisha Gray. (Foto: Istimewa)Ketika Bell menemukan pendekatan baru tersebut, dia pun membuat sketsa diagram dari perangkat tersebut. Dokumen paten milik Gray ternyata menggambarkan teknik yang sama dan menampilkan diagram yang serupa pula. Buku ini juga sedikit menjawab kecurigaan para ilmuwan. Misalnya saja desain transmiter Bell ternyata muncul tiba-tiba di tepi dokumen paten.

Bahkan Bell dikatakan sempat kikuk ketika mendemonstrasikan perangkat temuannya yang dibandingkan dengan temuan Gray. Bell ditantang untuk bersaksi dalam sidang pengadilan pada tahun 1878 untuk membuktikan temuannya ini. Namun Bell dengan cepat langsung memonopoli nama telepon yang diambil dari namanya.

Skema paten telepon milik Elisha Gray. (Foto: Istimewa)Skema paten telepon milik Elisha Gray. (Foto: Istimewa)Dalam buku tersebut, Bell juga diklaim sebagai pengacara yang ambisius dan berpengalaman mengorup hak paten orang lain.

Sebelumnya, Bell dikenal sebagai penemu telepon, meski Kongres AS pada Juni 2002 menetapkan bahwa Antonio Meucci-lah yang menemukan telepon. Karena Alexander Graham Bell, membuat telepon pertama di Boston, Massachusetts, pada tahun 1876. Sedangkan penemu Italia, Antonio Meucci, telah menciptakan telepon pada tahun 1849, dan pada September 2001, Meucci dengan resmi diterima sebagai pencipta telepon oleh kongres Amerika, dan bukan Alexander Graham Bell.

sumber :

Klik Spoiler
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paid Review Indonesia

Keyword:

Posted by on 21 October ,2010.

Tags: , ,

Categories: Buka Buka

2 Responses

  1. great articles, i hope you keep posting these nice and good examples

    by Amélia on Mar 18, 2012 at 12:18 am Reply

  2. i love your blog, don’t find many that are so clear, it is nice to see that someone really understands. i really enjoyed reading this. thanks for the post

    by Aliana on Mar 19, 2012 at 7:01 am Reply

Leave a Reply


+ 1 = 5

This site is using OpenAvatar based on

« | »




Recent Posts


Pages



About Ngobrol Aja

Santai aza semua yang sulit-sulit akan pelan pelan menjadi mudah kalau di bicarakan dengan santai dan kepala dingin.  Tidak ada masalah yang sulit namun yang sulit itu justru kita sendiri.  Blog ini di buat dengan santai dan ringan sehingga akan memberikan refresh pikiran bagi kita semua.  kalau ada yang sulit-sulit obrolin aja di sini jangan […]more →

Full Site
by khairilinsani.com

SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline